Rabu, 01 September 2010

[KISAH NYATA - RENUNGAN] MBAH MANGUN SANG PENJUAL KENTONGAN

Adalah seorang "Mbah Mangun", si penjual kentongan di pojokan jalan stadion Kridango Salatiga.
Hari Senin gw lewat, terlihat kentongan yang masih berwarna hijau segar (mungkin barusan dibuat sama mbah). Selasa.. Rabu.. Kamis.. Jumat-nya gw lewat, masih ada kentongan yang sudah berwarna coklat berlumut kehijau-hijauan karena terpapar panas dan hujan.. (Gw pikir: Gila, sudah hampir seminggu g ada yangg laku...) Hari Sabtu gw coba berhenti dan nanya tu harga kentongan brapa duit (padahal juga gw g butuh kentongan..) dan si mbah sedang duduk di trotoar sambil komat-kamit mulut-nya (gw rasa dia sedang berdoa, berdzikir gitu, karena sambil pegang gelang tasbih kecil yg udh butut)


Kira-kira begini isi percakapan antara gw dengan mbah :

Gw : Mbah, harga kentongan 1 biji nya berapa ?
Mbah : Silakan, ada banyak, silakan dipilih.. (kok ga nyambung ya pikir gw)
Gw : (mengulang lagi) Mbah, harganya berapa?
Mbah : Ooh iya, memang udah agak lumutan, nanti mbah bersihin bisa kok.. (waw, udah rada ga jelas ni pendengaran-nya)
Gw : (dengan suara sedikit keras dan coba mendekatinya) Mbah, rumahnya dimana?
Mbah : (bangkit berdiri dengan susah payah dan mengajak gw salaman) Oooh, di daerah Jaten (red: Jaten itu kira2 5-6 km dari TKP)
Gw : (membalas salaman dari si mbah.. ternyata seluruh badan-nya gemetaran..), Harga kentongan berapa mbah? (sambil tetep rada kenceng ngomongnya...)
Mbah : 1 biji 5 ribu saja, masih boleh ditawar kok..
Gw : (masih penasaran saja) Mbah dari rumah naik apa kesini?
Mbah : Ya naik angkot kalau ada uang, kalau ga ada, ya jalan kaki.. soalnya 1x jalan 4 ribu kalo naik angkot.. (Gila, gw jalan 1 km saja sudah ngos-ngosan..)
Gw : Ya sudah mbah, saya ambil kentongan-nya 2 ya.. (sambil serahin duit 10rb, tapi kentongan ga gw ambil.. berasa kasian aja gitu..
Mbah : Lho, ini kentongan kok ga diambil ?, jangan gitu, mbah jual barang ya silahkan diambil barangnya.
Gw : (rada malu juga nih..) Ya sudah mbah, nanti gw ajak temen buat ambil kentongannya, nitip dulu disini dech, susah kalau bawa sendiri (gw bohong karena memang ga mau ambil kentongannya)
Mbah : ya sudah, mbah tunggu ya.. beneran lho nanti diambil.. biasanya mbah sampai jam 3 sore disini..
Gw : baik mbah, permisi dulu ya mbah.. (gw berlalu dan sedikit puas karena bisa "bohongin" tu mbah dan ga ambil kentongannya..) Sampai sore harinya, sekitar jam 5-an, gw lewat lagi jalan itu.. Eeeh.. si mbah masih ada disitu.. gw berasa aneh saja, karena dia bilang kan sampai jam 3 biasa sudah pulang.. Akhirnya gw berhenti juga karena penasaran..

Gw : Lho mbah, kok belum pulang?
Mbah : Nah ini dia, ditungguin dari tadi kok ga dateng.. ini kentongan-nya diambil ya..
Gw : Jadi mbah nungguin saya ambil kentongan ?
Mbah : Lha iya.. kan tadi katanya mau ambil kentongan.. kalo mbah tinggal pulang kan sama saja mbah bohong..

Ane bener2 speechless.. kaga tau musti ngomong apaan.. dada gw nyesek abis.. nyesel abis-abisan karena tadi siang "bohongin" si mbah.. Tanpa bisa ngomong apa-apa, gw mutusin untuk mengantar si mbah pulang..
Gw : ya udah mbah, gw ambil kentongannya.. sekalian gw anter mbah pulang deh..
Mbah : wah, ga usah.. jauh lho.. jam segini mungkin masih ada angkot kok.. tadi kan dapat uang 10 ribu, bisa buat naik angkot pulang nanti.. (Makin nahan nangis saja gw dengar perkataanya mbah..)
Akhirnya dengan beberapa "ngeyel" berikutnya, gw berhasil bujuk si mbah untuk gw antar pulang ke rumahnya.. dan si mbah masih maksa gw untuk bawa 2 kentongan itu.. Setelah sampai di rumahnya, gw terpana liat rumahnya.. yang benar-benar di luar bayangan gw.. (sayang gw ga ambil foto rumahnya
Pas gw antar mbah itu pulang, rumahnya kosong, katanya sech istri dan 1 anaknya (cewek) ada tinggal disitu juga. Tapi mbah bilang dia tinggal disitu tuch cuma "numpang tidur". Istri dan anaknya sudah ga menghiraukan mbah lagi, dikasih makan juga ga, makanya si mbah tiap hari nongkrong jualan kentongan itu di pinggir jalan. Dan lebih ironis lagi, istri nya sejak dulu itu sukanya (maaf) "jual diri".. dan sekarang anaknya yang cewek itu juga gitu..


Saat pamitan, gw kasih salam lagi (tangan kanan salaman, tangan kiri gw pegang lengan atas si mbah biar terkesan salam hangat).. Eeh, si mbah kok meringis kesakitan, dan badannya bergetar makin kencang.. Ternyata dulu mbah pernah ditabrak motor, dan lengan kiri-nya pernah patah tapi ga pernah dirawat di Rumah Sakit, bagian pinggul juga agak retak sehingga untuk berdiri saja, si mbah sudah bergetar habis-habisan gitu..

Nah, sampe disini kisahnya mbah Mangun. Agan sekalian mari kita introspeksi bersama..
betapa mudahnya kita "buang" duit 10 ribu, buat beli rokok, buat makan "mewah", buat ini.. buat itu.. Di sisi lain kehidupan kita, masih ada juga orang-orang yang buat berdiri, buat jalan, bahkan buat ngomong aja udah susah di sisa hidupnya yang sudah ditelan kerentaan..
So, buat gw, kalau ada yg bilang : "Apa yg anda bisa berikan untuk negara ini?" atau "Mau diingat sebagai apakah anda?" atau "Salam SUPER..".. gw cuma bisa bilang WTF ??? what kind of BS...? "Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara"... another kind of BS... gw sertakan gambar kecil dari si mbah di pinggir jalan, maaf kalo ga clear image nya, gw cuma ambil seadanya pake hp gw yang butut.. tapi gambaran tentang si mbah semoga masuk di relung batin kita semua..






Amin...


Mohon maaf kalau ada kata-kata gw yang salah.. gw cuma sekedar sharing.. menggambarkan kenyataan yang terjadi di sekitar kita yang kadang kita jarang peduli, jarang mengerti, atau bahkan jarang tahu sama sekali..



Catatan :

Bagi agan-agan or sista-sista yang rumahnya di sekitaran Salatiga, silahkan buat janjian ketemuan guna mengumpulkan dana untuk sedikit meringankan beban mbah Mangun.

Kisah ini gw dapatkan dari forum kaskus.. Bagi yang ingin ketemu dengan penulis cerita ini dan buat menyumbangkan sedikit uang untuk mbah mangun.. Agan-agan bisa kirim pesan ke id kaskus nya..
Bagi yang di luar daerah juga boleh kok.

Ni id kaskus nya : ronald_96






--------------------------------------------------------------------------------------------------

Original posting by http://kamar-bujang.blogspot.com

Penulis: Adi hidayat

10 komentar:

Anonymous mengatakan...

apa ga ada ysng peduli??

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

gw kurang tau jg gan.. Pa bila ada ank salatiga yg baca posting ini.. Slahkan ktemuan bwad ngumpulin dana guna membantu mbah mangun.. Maaf gw bukan ank salatiga.. Tp gw peduli.. Wlau cuma bs bntu doa.. Tp stdak nya, gw mw mmbritahukan saja..

Saung Web mengatakan...

Release yang bagus buat bantu meringankan beban sesama seperti mbah Mangun ini

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

@saung web: tengkyu ats kunjungannya gan..

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

wah.. mangstab gan.. napa ga hubungin langsung ja yang bikin kisah ini gan.. kan id kaskusnya sudah gw pajang..

keconsip mengatakan...

inspirasi dan motivasi khususnya untuk sy pribadi..moga berlaku untuk yg lain...

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

sama-sama gan.. :beer:

Anonymous mengatakan...

Hebaaat
suatu semangat yg tak kunjung padam
dari mbah Mangun
kisahnya hampir2 mirip ama penjual cobek dr batu yg biasa mangkal di pasar
deket rumah ane gan
huebaaaattt bgt
semangat mereka dalam bertahan hidup

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

bner bgd gan.. Mka dri itu gan.. Msti qt bantu mreka..

Bachrurozi mengatakan...

Bukannya udh meninggal s mbah ini, sy jg dpt infonya dr kaskus, n waktu itu bnyk yg ksh sumbangan