Kamis, 08 April 2010

TUTORIAL MENGGUNAKAN CODECLAW UNTUK MEM-BACKUP FILE SYSTEM SONY ERICSSO J105 NAITE DAN SONY ERICSSON C510 DENGAN TIPE A200 DAN DB3120


Ada yang pernah dengar...?
Kalau diterjemahin secara terpisah.
Code= Kode
Claw= Cakar,
so kalau digabungin jadi "Kode Cakar" donx...he3..
Ga la.. Bukan itu maksudnya..

CodeClaw berfungsi untuk menyalin file system yang akan kita modifikasi atau modding. Berbeda dengan handphone Sony ericsson tipe A200 DB3150 seperti Sony ericsson G502 yang file system nya bisa disalin menggunakan A2uploader yang sekaligus berfungssi untuk memodifikasi atau modding handphone Sony ericsson.
Khusus Handphone Sony ericsson tipe A200 DB3210 seperti Sony ericsson j105 naite dan c510, hal tersebut tidak dapat dilakukan.. Terus bagaimana cara mem-backup file system supaya kita bisa modifikasi atau modding dengan aman.? Tenang.. Itu tetap bisa dilakukan kok... Tentunya dengan menggunakan codeclaw..
Kenapa gw terlebih dahulu menjelaskan cara menggunakan codeclaw untuk mem-backup
file system..? Supaya, apabila terjadi kesalahan(system error) atau kita ingin mengembalikan ke firmware bawaan.. Kita bisa menggunakan file backup sebagai penawarnya..
Dari pada bingung,
Hayo.. Kita mulai tutorial menggunakan codeclaw nya..
Hal yang harus di perhatikan bahwa.. Program codeclaw ini tidak bisa dijalankan apabila komputer sob belum terinstall net framework 2.0 dan tidak ketinggalan sedikit bantuan dari A2uploader..


Langkah-langkahnya:

1. Apa bila komputer sob belum terinstal net framework 2.0
3. Extrak folder zipnya
Nah, kalo programnya udah sob download, maka kita akan mulai menjalankannya.
Extrak folder zip net framework 2.0 nya, setelah diextrak, instal program tersebut. Tunggu beberapa saat sampai net framework terinstal penuh,..
Kalau sudah, giliran instal program codeclaw nya..
Tampilan nya bisa dilihat di bawah ini:



Tahap-tahap menjalankan codeclaw:

1. Arahkan pointer mouse ke 'file', pilih 'setting' lalu pilih 'card'

2. Arahkan kursor ke 'shortcut', pilih apa yang akan disalin. Di menu terdapat pilihan untuk mem-backup seperti acoustic, layout, menu, dll. Pilih salah satunya.
Apabila sudah dipilih mana yang akan di-backup, saya bericontoh misalnya, sob ingin mem-backup driver acoustic. Pilih acoustic pada menu drop down lalu kilik 'priwiew' yang terdapat di barisan 'file'. Lalu akan muncul kotak yang akan menampilkan kode script. Salin kode script tersebut ke dalam notepad lalu disimpan dengan nama 'customize_upgrade.xml' (tanda " ' " dihilangkan).


3. Sejauh ini menggunakan codeclaw nya di hentikan dulu.. Kalau sob capek, minum kopi sambil makan gorengan dulu..
Kalau sudah selesai istrahatnya.. Mari kita mulai lagi..

4. Sekarang, giliran Extrak folder zip A2uploader nya. Instal terlebih dahulu 'ggstup.exe' nya setelah itu, giliran instal a2uploader nya

5. Matikan handphone sob, klik 'file system tool' pada a2uploader nya
Tekan dan tahan tombol 'c' pada handphone (ingat jangan dilepas) lalu hubungkan kabel usb ke handphone dan komputer. Apabila sudah terlihat gambar seperti ini
Tombol c bisa dilepas.
Di jendela a2uploader bisa terlihat pohon direktori atau dics-dics yang merupakan jeroah atau firmware nya, ada:
Tpa, ifs, dll

6. Masih ingat dengan file yang disimpan dengan nama 'customize_upgrade.xml' , masukkan file ini ke dalam tpa/preset/custom/ , dengan cara drag dan drop file tersebut ke dalam folder 'custom' . Apabila telah selesai di input.
Klik tombol 'shutdown file system' , cabut kabel data dari pc lalu hidupkan handphone.

7. Buka file manager atau pengaturan file. Di situ, sob akan menemukan folder baru yang bernama 'codeclaw' . Isinya folder tersebut merupakan salinan file system yang kita backup tadi.

8. Apabila ingin dipindahkan ke dalam pc, silahkan salin folder beserta file nya. Kalau yang ini ga gw kasih tau lagi caranya, pasti sob udah tau caranya.. Iyakan..? He3..
Demikianlah penjelasan dari saya mengenai tutorial menggunakan codeclaw. Kalau ada yang kurang paham, silahkan tanya, jangan malu-malu. Gratis kok ga pake reg segala.


Selamat mencoba..........




Nech.. Link buat Download nya, silahkan klik tombol di bawah ini



-Cara Mendownload-

Tekan tombol "hightlight All" arahkan pointer ke text yang sudah di block, klik kanan pada mouse, pilih copy atau salin lalu paste kan hasil copy-an tadi ke address kolom, tekan enter.. Siap mendownload



CODE CLAW



NET FRAMEWORK 2.0



A2UPLOADER





-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Original post by:

Penulis: Adi Hidayat

13 komentar:

Muhammad mengatakan...

Nice tutor, mampir dari kaskus nih, hehe
ohya tapi cuman mau koreksi ajah,
claw itu artinya bukan badut loh,
badut itu clown
claw itu cakar, sesuai ikon aplikasinya kan juga gambar cakar, hehe CMIIW gan,

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

Heeheeee.. cory gan... abiz bhhasa ingris gw lemot..... tnk dah mampir

alfians mengatakan...

kalo bwat backup main dan fs gmana carax boss?mau flashing neh, tpi tkut gagal...

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

wah gan, stau gw and berdasarkan pngalaman.. back up pake codeclaw g sepenuhnya bisa di andalakan.. kalaupun bisa, agan harus nulis direkrorinya satu persatu.. bayangin aja. brapa byak direktori yang ada di naite.. bisa mampus kalo ngetik atu persatu...

agan udag brown lom? kalo lom, lbih baik, agan nge-brown dolo... kalo udah brown kan, sangat mudah kalo mao back up apa2..

tutor dr gw kan udah ada d postingan ini... selamat mencoba y gan.... CMIIW

alfians mengatakan...

kmaren dah cba ngebrown, n sukses berkat tutor dari sini boss.Trins banget dehhh.Skrg lg cba masukin vkp pake a2uploader, tp ko g bsa ya boss? Apa harus melalui farmanager yahh?...

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

bner bged gan.. patch hrus menggunakan far manager 2.0 + main generic.. tutor nya sdh ada.. slahkan d coba.. eh .. btw dkumpln file.vkp or patch udh ada tuh.. slhkan d coba gan...

Anonymous mengatakan...

bos ane kok ga bs mskn tema pke aploader?, g bs copas

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

klo msukin tema.. g perlu pke a2uploader gan.. copy n paste ja ke memory card kcuali msukin flash.. agan msh red ato udh brown..? klo msh red.. y agan emank g bs copas fs dr naite pke a2uploader, hrsnya pke codeclaw.. tutornya udh ada tu.. copas fs cma bs, klo agan, udah brown.. tutor bwad brown, udah ada jg tuh.. brown aja gan naite nya.. biar bs d patch.. tnks gan y ats knjngan nya..

chidori mengatakan...

gan ane mau tanya,camdriver yg bgus buat c510 apa ya?
tlong jwban'x

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

maaf y gan.. Gw krang paham tentang camp driver, cba agan hunting ke kaskus.us , se-indo.net, atau se-nse.net

mkasih ats knjungannya..

bhumpi mengatakan...

mw tnya nech.gw kan udah upgrade naite dgn r1ha035 generic..stlh smuanya slesai,tp ko menu facebook yg ada di list sms ga bs dibka ya..coz sblm diupgrade normal2 aja,baik fb main maupn fb homescreen.tlg ksh tau ya..

bhumpi mengatakan...

mw tnya lg nech..kalo qt pgn backup file naite yg ga ada didftar shortcut codeclaw gmn ya caranya?mslkn saya pgn backup displaydriver..mhn penjelasannya ya boz..

Anonymous mengatakan...

gan ane nyoba modding yg camdriver..
tapi malah jadi gak bisa ke kamera..
iya, gak mau jalan kameranya!
ane pk w508..
mana belum sempet di backup file systemnya..
jadi gimana dong gan?:(