Kamis, 08 April 2010

SPESIFIKASI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SONY ERICSSON J105 NAITE



Green Heart.

Itulah selogan yang dibawa oleh Sony ericsson j105 Naite. Handphone Green Heart sendiri merupakan handphone yang ramah lingkungan.

Mungkin sering digaungkan nya global warming dan pelesarian lingkungan bumi, maka Sony ericsson pun turut ambil serta dalam usaha pelestarian lingkungan. Sebenarnya Sony ericsson j105 Naite bukan lah handphone pertama yang mendapat julukan Green Heart. Sebelumnya sudah ada Sony ericsson c510 yang membawa selogan yang sama. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan handphone ini berasal dari bahan daur ulang, sehingga dalam produksi nya, angka penggunaan bahan kimia bisa di minimalisir. Kenapa gw membahas handphone yang satu, karena handphone ini termasuk handphone HSDPA yang termurah saat ini dan sudah membawa nama Green Heart Sony ericsson dan yang kedua karena gw sendiri pengguna handphone ini(he...he...he... Naite Lover). Maka nya, gw akan ulas handphone Sony ericsson j105 naite ini secara keseluruhan + pendapat gw tentang kelebihan dan kekurangan handphone ini.

Sob dah siap..?





Hayo kita mulai..'

Tahun 2009-2010. Merupakan tahun-tahun booming nya handphone Querty. Berbagai vendor, mulai dari vendor papan atas sampai vendor lokal berlomba-lomba memproduksi handphone Querty. Mungkin ini disebabkan penyakit demam Blackbery di tanah air (he...he...he.. Nular ga tu penyakit BB..?.). Sehingga vendor-vendor yang lain turut ikut ambil bagian dalam persaingan pangsa ponsel.

Beda halnya dengan Sony ericsson yang tidak terpengaruh dengan musim handphone Querty ditahun ini. Malah mereka memproduksi handphone yang berjuluk Green Heart (seri ramah lingkungan). Sepertinya ga terlalu booming peluncuran handphone berselogan Green Heart ini. Bahkan gw sendiri yang waktu itu sedang hunting handphone baru(he3.. Lg banyak duit..n kebetulan handphone lama udah masuk UGD).

Ga bakalan tau kalo gw ga baca preview majalah Pu*sa. Dari yang gw liat ni ponsel berbentuk batangan atau candybar (ga querty bangetz..) Vitur yang ditanamkan pun bukan asal-asalan. Mungkin kalo kita ga baca spesifikasi handphone ini, pastinya kita menganggap, handphone ini miskin fasilitas. Tapi semua dugaan itu salah besar, justru handphone berselogan Green Heart ini banjir fasilitas(kyak air bah aja..)

Hayo kita bahas satu-persatu. Fitur apa saja yang disuguhkan oleh Sony ericsson j105 Naite.







Interface.



Sudah gw bilang sebelum nya, kalau handphone berselogan Green Heart ini berbentuk batangan alias Candybar (bisa dimakan kali ya..coz candybar kan.,? Manis gitu rasanya.. He3..), untuk urusan penampilan layar. Sony ericsson j105 Naite sudah dipasangi layar selebar 2,2 inci dengan dukungan resolusi layar QVGA 240 x 320 pixel.

tesedia dua pilihan warna untuk Sony ericsson j105 Naite yaitu pavour Silver(j105a-seri untuk di luar wilayah Indonesia) dan ginger red(j105i- khusus untuk Indonesia). Gw pernah ga sengaja bertanya pada adm resmi Sony ericsson, tentang pilihan warna yang disajikan. Gw tanya kenapa cuma ada satu pilihan warna yaitu ginger red padahal pas gw browsing di internet ada dua pilihan warna yaitu pavour silver n ginger red. Adm itu menjelaskan bahwa, handphone Sony ericsson yang resmi beredar di pasaran Indonesia adalah yang berwarna ginger red(j105i). Jenis ini sudah terinstal bahasa Indonesia dan claim garansi nya bisa digunakan apabila handphone Sony ericsson yang sob beli mengalami kerusakan akibat cacat produksi pabrik, sedangkan untuk Sony ericsson yang berwarna pavour silver(j105a) dikhusus kan untuk pangsa pasar luar negeri, belum terinstal bahasa Indonesia dan apabila ada kerusakan, claim garansi tidak bisa digunakan. Kalaupun ada toko yang menjual j105a, pasti itu barang BLACK MARKET(kata adm nya), jadi bagi sob yang sudah terbeli dengan Sony ericsson j105a warna pavour silver berhati-hati, bagi yang mau beli harus teliti. Gw saranin, beli handphone Sony ericsson di tempat resmi nya jangan di konter-konter ga jelas n jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Buat apa beli handphone dengan harga murah kalau claim garansinya ga bisa digunakan( untung gw pake yang warna ginger red.(j105i).

Ga seperti handphone Sony ericsson lain yang berjenis slide(geser), clam cell(kulit kerang), rotate(diputar). Handphone ini relatif aman dari kerusakan kabel fleksibel (kabel fleksibel merupakan kabel tipis yang menghubungkan antara panel layar dengan panel utama. Biasanya terdapat pada handphone yang berjenis selain candybar). Keypad yang dibenamkan cukup nyaman sekalipun untuk yang berjari lebar. Di bagian belakan atau cover penutup batrai. Terdapat garis-garis vertikal yang berfungsi untuk mengurangi resiko handphone terjatuh dari genggaman tangan dikarenakan licin. Dibagian belakang ini tepat nya bagian kiri atas juga terdapat kamera utama, sedangkan kamera yang berfungsi sebagai video terdapat pada bagian depan. Untuk corong speaker utama terdapat dibagian belakang bawah. Di sisi kanan, terdapat tombol volume sedangkan disisi kiri terdapat pop port yang merupakan konektor untuk headset, charger, dan usb ke Pc.







Kamera.



Hardware kamera yang tertanam di handphone Sony ericsson j105 Naite ini berkekuatan 2 Megapixel tanpa dukungan lampu flash apalagi autofokus, tapi tetap di sisipkan fitur modus malam, white balance dll. Dengan resolusi gambar yang dimanfaatkan untuk memotret

dan merekam video. Hasil rekaman video dikeluarkan dalam format mp4 dengan resolusi QVGA 320x240 @15 fps(frame per second). Juga terdapat kamera depan untuk panggilan video(video call), tapi tidak bisa digunakan untuk mengambil gambar atau merekam video. Cukup bisa diandalkan untuk bercermin apabila sedang tidak melakukan panggilan video(tetep bisa narsis kok...he3).







Multimedia.



Mungkin sob berpendapat, si Naite ini miskin fitur hiburan. Pendapat itu salah besar. Walau handphone yang satu ini berjulukan Green Heart, tapi ga demikian dengan fitur hiburan nya. Tengok saja. Sudah dibenamkannya media player 3.0 yang merupakan menu baru yang ada di handphone Sony ericsson tipe A200. Karena sebelumnya untuk handphone Sony bertipe di bawah A200, menui ini belum tersedia. Dari menu media player ini, kita bisa mengakses berbagai fitur hiburan. Mulai dari foto, musik, video, permainan, web feed, dan pengaturan(berisi tentang orientasi layar baik itu portrail maupun landscape plus pembaharuan media). Untuk urusan pemutar musik, Sony ericsson ini juga sudah sudah mengadopsi pemutar musik kelas W atau Walkman phone. Itu terbukti dengan adanya pengaturan suara melalui equalizer(normal, manual, bass, MEGA BASS, suara, dan penguat trebel). Kalau ditanya, "apakah suara keluaran yang dihasilkan oleh pemutar musik, sebaik pemutar musik kelas Walkman phone..?" jawabnya "tentu tidak" tapi setidaknya, kalau gw kasih nilai, dentuman bass pemutar musik Sony ericsson j105 Naite ini = 80 , sedangkan untuk handphone Sony ericsson kelas Walkman phone = 100. Setidaknya hampir bisa menyaingi walkman phone(wajarlah, inikan bukan difokuskan untuk pemutar musik).

Untuk pemutar video, bisa memainkan dalam 3 format, yaitu 3gp, mp4, dan H 236(kalo format yang satu ini, gw kurang paham).

Bagi sob yang ingin alternatif hiburan, fitur radio bisa digunakan untuk mengisi waktu luang. Dan satu lagi, fitur-fitur yang ga pernah ketinggalan, bawaan dari Sony ericsson ini yaitu photo dj, video dj, dan musik dj.











Konektifitas.



Mungkin dari segi hiburan dan kamera Sony ericsson ini kurang mumpuni. Maka, di bagian konektifitas ini sob patut berlega hati. Pasalnya, sudah dicakokkan konektifitas berjenis HSDPA(3.5 G) So.. Bagi sob yang pengen download, bisa di geber sampe 3.6 Mbps. Tapi jangan khawatir, bagi sob yang diwilayah nya belum mendapatkan sinyal 3G. Jalur data GPRS dan EDGE kelas sepuluh(he..he...he... Si-gprs dan si edge kelas 1 sma, kayak sekolah aja) bisa diandalkan kok.

Bluetooth merupakan alternatif pengiriman dan penerimaan data melalui nirkabel. Bluetooth Sony ericsson j105 Naite sudah mendukung A2DP jadi bagi sob yang pingin dengerin musik tanpa terganggu dengan kabel headset, bisa menggunakan headset ber-bluetooth.

Handphone Sony ericsson ini tidak dipersenjatai dengan dengan Irda atau infra merah. Mengingat jalur konektifitas ini begitu lambat dan sudah ketinggalan zaman.







Aplikasi dan instalasi.



Sony ericsson j105 Naite ini sudah dicangkokkan Java MIDP 2.0 sebagai sistem operasinya. Kinerja java yang dihasilkan lebih baik ketimbang java yang ditanamkan pada ponsel vendor lain. Ini terbukti dari tidak menolaknya semua aplikasi java yang di instal dan juga sudah mendukung multy tasking.

Sudah saya sebutkan di atas tadi, sekarang lagi booming-boomingnya facebook dan twitter. Nah, di handphone yang satu ini sudah ditanamkan aplikasi facebook khas vendor yaitu FACEBOOK FOR SONY ERICSSON dan TWITTER FOR SONY ERICSSON. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang disediakan oleh ponsel querty buatan vendor papan atas dan lokal yang notabene dikhususkan untuk facebook-an yang hanya menyediakan link menuju website tersebut. Aplikasi FACEBOOK FOR SONY ERICSSON INI memiliki home screen yang menarik dan tidak sekedar menyajikan link menuju link nya saja tetapi sob juga bisa mengomentari status temen-temen yang terhubung dari layar stand by dan update status bisa dihadirkan secara real time.







Hardware..



Untul urusan materi bahan baku pembuat Sony ericsson j105 Naite ini tidak perlu diragukan lagi. Mendapat selogan Green Heart, membuat handphone yang satu ini di produksi dari bahan daur ulang dan minim bahan kimia(gw juga penasaran, jangan-jangan ni ponsel, kalo dikubur di tanah bisa lenyap terurai dalam beberapa hari... He..he..he..). Satu lagi ni keunggulan nya. Yang biasanya Sony ericsson ngotot pake M2 sebagai penyimpanan data external. Nah kalo di handphone Sony ericsson j105 Naite ini menggunakan microSD sebagai penyimpanan data external. Mengingat jenis kartu microSD lebih murah dan universal.







Paket pembelian:



Handphone Sony ericsson j105 Naite, baterai BST 33, charger economic by Energy Star, headset HPM 60, buku manual, kartu garansi, sarung kain Green Heart berwarna putih, dan dus.

Kelebihan Sony ericsson j105 Naite:

1. Sudah memiliki HSDPA sebagai konektifitas data dan video call,

2. Dilengkapi kamera skunder untuk video call,

3. Bahan ramah lingkungan,

4. Dibekali berbagai fitur menarik(FACEBOOK FOR SONY ERICSSON, TWITTER FOR SONY ERICSSON, accuweather, ecomate, green calculator, slide show wallpaper, you tube, dll)

5. Support microSD,

6. Memori internal 70 Mb

Kekurangan Sony ericsson j105 Naite:

1. Kamera tidak dilengkapi lampu flas maupun autofokus,

2. Kamera skunder tidak bisa digunakan untuk memotret dan merekam video.

3. Kartu microSD tidak disertakan dalam paket pembelian,

4. Tidak disertakan kabel USB dalam paket pembelian.



Kesimpulan:

Sepertinya handphone Sony ericsson ini layak beli bagi sob yang kepingin handphone HSDPA murah dan aplikasi facebook yang mantab.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------





Original post by:

http://kamar-bujang.blogspot.com





Penulis: Adi Hidayat







































9 komentar:

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

bner bgd gan.. si naite mantab bgd .. dngan budget skitar 1jt-an bs dpet fitur 3jt-an .. tank udh mmpir d mari..

Anonymous mengatakan...

waduh2... sudah lama kepingin beli nih HP.
mudah2an secepatnya bisa beli....
Amiiiiin...

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

ok gan.. Gw doa-in smoga scpatnya bs kbeli hp naite nya.. N bs ikut modding bareng.. Untuk budget sgini, naite sdh trmasuk handphone dg fitur yg brlimpah.. Tnk ats knjungannya..

s71 mengatakan...

gw menemukan masalah lcd naite yang 'umum' dari lcd yaitu bad pixel yg mana kalau background tdk bergambar/ gambar hitam (all pixel off) , ada beberapa pixel yg on. Tapi kalau gambar warna looks normal. Baru beli 3 mngu, gmana punya agan?, ur comment?

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

wah, si agan tliti bner.. Tengkyu infonya.. Btw, gw skg da sdkit msalah dg naite gw nich.. Ada 1px yg mati alias death pix.. Emanx sih ga trlalu mngganggu.. Tp ttp cemas..

s71 mengatakan...

Kalo gua mau bawa ke sc mal ambasador kalo bisa ganti baru atau lcd aja. Tapi agak jauh, sc yg terdekat (pim, senayan) tutup. Pake cara screen Test lewat tekan >*<<*<* dimenu standby ga menyelesaikan masalah.

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

yupz.. Cba ja dtg k SESC trus jgn lpa bwa krtu garansi kalo msh dlm garansi.. Smoga sukses gan..

s71 mengatakan...

Udah ke sc ambasador hasilnya: u/ tukar hp dah liwat 1 mggu, sedangkan ganti lcd makan wkt > 1 mggu dibw ke pusat sc kata petugasnya. Dia bilang, sebaiknya lcd diganti kalau tampilan sudah mengganggu, asalkan lcd ga pecah/ bergelombang (kena biaya +/- 270k u/ ganti lcd). Selama garansi, lcd mati pun bisa ditukar 'ktnya'. We'll see. Price now @ sc 945k, elm 1j8k, hazel belum masuk (paling beda2 tipis dg elm) .

Admin Kamar Bujang™ mengatakan...

mahal jg y, hrga lcd nya.. Btw, harga naite udah anjlok bgd.. Tengku info nya gan..